Link Banner
Link Banner

Mengatur Data Pada Mcrosof Office 2007

Mengatur Huruf (Font)
Untuk mengubah huruf dapat dilakukan pada group Font yang terdapat pada ribbon Home. Caranya : 
  1. Seleksi sel yang akan iubah hurufnya
  2. Pilih jenis huruf
  3. Pilih ukuran
  4. Pilih style (B = Bold, I = Italic, U = Underline)

Apabila kita ingin melakukan pengetahuan lebih lanjut, klik tanda anak panah pada group Font, lalu akan muncul kotak dialog Format Cells seperti berikut. 


Pada bagian Underline, terapat beberapa pilihan antara lain:
  • None, tanpa garis bawah
  • Singgle, garis bawah tunggal
  • Double, garis bawah ganda
  • Singgle Accounting, garis bawah tunggal pada penulisan akuntansi
  • Double Accounting, garis bawah ganda pada pada penulisan akuntansi 
  • Pada bagian Effects terdapat beberapa pilihan, diantaranya:
  • Strikethrough, membuat coretan tunggal (Excel)
  • Superscript, membuat karakter di atas dengan ukuran lebih kecil (M3).
  • Subscript, membuat karakter i bawah dengan ukuran lebih kecil (O2)
Perataan (Alignment)
Dalam melakukan perataan teks, kita dapat menggabungkan beberapa perataan sekaligus dengan batas maksimal 2 tombol yang aktif. Untuk lebih jelasnya , perhatikan gambar berikut ini.

Keterangan :
  • Top Align, rata atas (berada dibagian atas sel)
  • Middle Align, rata tengah (berada diposisi tengah secara vertikal)
  •  Bottom Align, rata bawah (berada dibagian bawah sel)
  • Align Tex Left, rata kiri (berada ikiri sel)
  • Center, rata tengah (berada diposisi tengah secara horizontal)
  • Align Text Right, rata kanan (berada di kanan sel)

Apabila kita ingin melakukan pengaturan, dapat mengklik tombol anak panah group Alignment, lalu akan muncul halaman tab Alignment pada kotak dialog Format Cells.


Lalu, kita dapat melakukan pengaturan pada bagian Text Aligment, baik pada posisi Horizontal maupun Vertical. Selain itu, pada tab Alignment juga terdapat beberapa pengaturan, diantarnya :
  1. Bagian Indent, untuk mengatur ukuran indentasi
  2. Bagian Text control, untuk melakukan pengaturan teks, diantaranya terdiri :

  • Wrap Tex control, untuk menampung teks yang panjang ke dalam suatu sel.
  • Shrink to fit, untuk memperkecil ukuran teks di dalam sel.
  • Marge Cell, untuk menggabungkan beberapa sel.

Mengatur Orientasi Teks
Orientasi teks digunakan untuk mengatur posisi suatu teks di dalam sel. Caranya :
  1. Seleksi sel yang akan diubah orientasinya
  2. Klik ikon Orientation
  3. Pilih arah yang diinginkan



Mengatur Wrap Text
Ketika mengetik teks yang panjang ke dalam suatu sel, teks tersebut akan menerobos ke luar dari sel. Kita dapat mengatasinya dengan melebarkan ukuran kolom atau memperkecil ukuran teks.
Namun, apabila kita tidak menginginkanlebar dari kolom atau ukuran teks berubah, solusinya adalah menggunakan fasilitas ini. Wrap Teks itu sendiri berfungsi untuk menampung teks yang panjang di dalam sel. Caranya :
  1. Pilih sel yang kita inginkan, misalnya dari gambar berikut “Peralatan Sekolah”.
  2. Klik icon Wrap Text

Menggabungkan beberapa sel
Fasilitas Marge & Center digunakan untuk menggabungkan beberapa sel menjadi satu sel. Biasanya digunakan ketika data yang dimasukan ke dalam sel melibatkan beberapa se, yang mengharuskkan untuk digabung. Tujuannya agar lebih baik tampilannya.
Caranya:
  1. Pilih atau seleksi sel yang akan digabung
  2. Klik tombol marge & Center di Group Alignment.

Hasil sel yang sudah di-marge terlihat pada gambar berikut.


Pilihan lain pada Marge & Center


Keterangan :
  • Marge & Center, menggabungkan beberapa sel sekaligus menengahkan teks yang berada di dalamnya
  • Marge Across, menggabungkan sel yang terdiri dari beberapa kolom dan baris, tetapi kolomnya saja yang akan digabung sedangkan jumlah barisnya tetap.
  • Marge Cells, hanya menggabungkan beberapa beberapa sel menjadi satu sel tanpa menengahkan teks
  • Unmerge Celss, memecahkan kembali hasil penggabungan yang telah dilakukan.

Mengolah angka
Program Excel dibuat untuk mengolah angka. Karenanya, akan banyak data berupa angka yang digunakan dan kita tidak boleh salah memasukannya kedalam sel.
Dalam pengaturan format angka, kita dapat lakukan pada group Number (ribbon Home) seperti pada gambar berikut.

Keterangan:
A : Mengatur format penulisan, seperti : angka, mata uang, tanggal, waktu, pecahan, dan lain sebagainya.
B : Menentukan lambang mata uang yang digunakan
C : Pemberian lambang persen dan koma pada angka
D : Menampilkan dan menghilangkan angka nol (O) dibelakang koma.
Apabila settingan komputer belum diubah, semua format penulisan angka, mata uang, tanggal, dan waktu akan mengikuti negara Amerika, misalnya, lambang mata uang menggunakan $ (Dollar)
Namun, kita bisa mengatur sendiri, untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah sebagai berikut.
  1. Klik Start > Control Panel > Date, Time, Language and Regional Options.
  2. Pilih bahasa Indonesia
  3. Klik OK

Sekarang, semua penulisan format angka, mata uang, tanggal, dan waktu akan mengikuti negara Indonsesia. Hal ini berlaku pada semua program (tidak hanya pada Excel saja)
Selanjutnya, untuk melakukan pengaturan format penulisan pada Excel, klik tombol drop down Number Format, untuk membuka beberapa pengaturan format penulisan sesuai dengan fungsinya masing-masing. Caranya :
  1. Pilih sel yang akan kita isi dengan data kita
  2. pilihNumber Format pada group Number.


Keterangan :
  • General, pengaturan umum (tanpa format khusus)
  • Number, pengaturan format angka yang akan ditentukan kemudian, seperti jumlah angka dibagian koma dan penggunaan pemisah ribuan, misalnya 12.000,00.
  • Currency, memberikan pengaturan lambang mata uang satu negara.
  • Accounting, penulisan mata uang dengan menggunakan aturan akuntansi. Mata uangnya berada rata kiri, sedangkan nilai angkanya berada rata kanan.

 

  • Short Date, penulisan tanggal dengan format pendek. Misalnya kita mengetik 27 Desember 2008, maka hasilnya menjadi 27/12/2008. 
  • Long Date, penulisan tanggal dengan format panjang atau kebalikan dari Short Date. Misalnya, 18 September 2008.
  • Time, digunakan untuk menuliskan jam. Misalnya 07:50:35
  • Percentage, menampilkan angka dalam bentuk persentase. Misalnya, 0,1 akan ditampilkan menjadi 10%
  • Fraction, menuliskan angka desimal dalam bentuk pecahan. Misalnya 0,75 akan ditulis menjadi ¾ 
  • Scientific, penulisan angka dengan gaya di bidang sains. Misalnya, 1450 akan ditulis 1,E+03.
  • Text, penulisan semua date ke dalam sel akan dianggap sebagai teks meskipun itu angka. Salah satu kegunaannya adalah membiarkan angka nol (0) yang ditulis di depan angka, misalnya pada penulisan nomor telepon. Sebab, jika tidak diatur dengan format Text, maka Excel secara otomatis akan menghilangkan angka nol (0) tersebut.

Mengatur Border
Dalam tampilan default Excel, garis yang muncul dalam worksheet berfungsi sebagai garis bantu saja. Untuk memberikan garis yang sebenarnya kita harus memberikan border.
Menu untuk membuat border tersebut masih berada pada kotak dialog Format Cells (tab Bordr). Disini, kita dapat mengatur jenis garis, warna, serta pengaturan posisi dari border tersebut pada sel.
Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah seperti berikut:
  1. Seleksi sel yang akan diberikan border
  2. Klik tanda panah Format Cells: Alignment
  3. Klik tab Borer
  4. Pilih style
  5. Klik border yang iinginkan
  6. Klik Ok.

Baca Juga Artikel Lainnya Tentang Microsoft Excel 2007 :

Mengenal Fungsi atau Rumus Pada Microsft Excel 2007



Mengatur Data Pada Mcrosof Office 2007 Mengatur Data Pada Mcrosof Office 2007 Reviewed by Unknown on 10.03 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Nature

Link Banner