Manajemen Masa
Lalu, Masa lalu adalah hal yang pasti ada pada setiap manusia. Masa lalu terkadang
indah, tapi tak jarang juga sangat menyedihkan. Bila seseorang memiliki masa
lalu yang indah, hal itu pasti akan senantiasa terkenang di hatinya. Dan
sebaliknya pula, jika seseorang memiliki masa lalu yang menyedihkan maka ia
akan terus berusaha menghapus dan melupakannya. Yang menjadi permasalahan
adalah terkadang masa lalu yang menyedihkan itu tak mudah untuk dilupakan,
butuh waktu yang cukup lama, dan memang hanya waktu yang dapat menghapusnya.
Masa lalu takkan mungkin terulang lagi, tetapi masa lalu akan menjadi refleksi
untuk menggapai masa depan. Segala hal yang telah kita alami di masa lalu akan
menjadi pelajaran berharga untuk membuat keputusan di masa depan. Jika di masa
lalu kita pernah mengalami kegagalan, maka hal-hal yang membuat kita gagal
itulah yang akan kita manajemen ke arah perbaikan guna mencapai keberhasilan di
masa depan.
Manajer masa depan sudah waktunya untuk
mengembangkan kepemimpinan yang terpancar dan beragam membagi kepemimpinan pada
sudut terjauh dari lingkar untuk mengungkap kekuatan tanggung jawab bersama.
Manajer masa depan mampu mempertahankan visi masa depan organisasi dan dengan
setengah memaksa mengobarkan semangat yang dibutuhkan untuk membangun
perusahaan. Manajer seharusnya tahu bahwa mendengarkan pelanggan dan belajar
apa yang ia beri ,akan merupakan komponen penting, bahkan lebih penting di masa
depan ketimbang masa kini. Persaingan global dan lokal makin cepat, dan
kebutuhan untuk memfokuskan pada apa yang dibutuhkan pelanggan akan makin kuat.
Tantangan yang berasal dari luar organisasi memerlukan banyak perhatian,
komitmen, dan semangat sebagai tugas yang paling penting di dalam organisasi.
Manajer masa depan akan membangun sumber daya manusia yang sehat dengan
semangat yang sama dengan semangat saat mereka membangun perusahaan yang sehat,
produktif, dengan menyadari bahwa organisasi dengan kinerja tinggi tidak dapat
hidup jika perusahaan tersebut mengecewakan orang – orangnya dan hidup dalam
suatu perusahaan tanpa sistem dan kepastian masa depan.
Tantangan Seorang manajer
di masa kini dan Masa Depan
tantangan seorang
manajer masa kini adalah harus bekerja keras,harus berurusan dengan banyak tipe
tipe orang dan seringkali dituntut untuk sesegera menyelesaikan tugas dengan
sumber daya yang terbatas serta memotivasi para pekerja dalam situasi yang kacau
dan penuh ketidakpastian.Kemudian tantangan seorang manajer di masa depan
adalah dengan semakin
berjalannya waktu semakin banyaknya
saingan yang muncul dari perusahaan lain.Suatu misal perusahaan kita akan
memproduksi suatu barang,mungkin disaat ini barang yang kita produksi itu
belum banyak pesaing.Namun di masa depan seorang manajer tidak akan tahu ada
berapa perusahaan yang akan mucul dengan produk yang sama.Itu dapat membuat
perusahaan kita bisa menjadi tidak laku dengan adanya produk-produk yang baru.Selain
dalam hal produksi,seorang manajer di masa depan juga harus memperhatikan
cara-cara yang tepat dalam hal pemasaran dan tarrget pasar. Bila seorang
manajer memiliki pemikiran yang tepat mengenai target pasar dan kemauan
konsumen,serta pemasaran yang menarik dan indah itu bisa membuat pelanggan
tidak tertarik kepada perusahaan baru yang memiliki barang produksi
sama.Seperti contoh di dunia kita yaitu produk teh sariwangi, meski sudah
banyak perusahaan yang memproduksi barang yang sama namun di mata konsumen
tetap teh sariwangi itu yang dikonsumsi dan tetap menjadi kepercayaan
konsumen.hal itu membuktikan bahwa ada manajerial yang bagus dalam perusahaan
tersebut.Karena biasanya banyak konsumen yang ingin mencoba suatu produk yang
baru.
Apa perbedaan antara manajemen masa lalu dan masa kini
Reviewed by Unknown
on
06.16
Rating:
Tidak ada komentar: