Terlebih dahulu kita artikan organisasi itu adalah
sekelompok orang (dua atau lebih) yang bekerja sama dengan terorganisasi,
dengan cara yang terstruktur untuk mencapai tujuan dan manajemen adalah proses merencanakan, mengorganisasi,
mengarahkan, dan mengendalikan kegiatan untuk mencapai tujuan organisasi dengan
menggunakan sumberdaya organisasi. Suatu organisasi baik baik yang
berorientasi kepada kepentingan sosial (Social Motives) maupun organisai yang
berorientasi kepada laba (Profit Motives) pasti mempunyai tujuan yang akan
dicapai, dimana penetapan tujuan tersebut lebih dahulu diformulasikan dalam
bentuk perencanaan yang matang. Keberhasilan dalam mencapai tujuan tersebut
identik dengan keberhasilan organisasi dimasa depan. Keberhasilan masa depan
dalam era globalisasi,seperti yang terjadi di negara – negara maju terletak
pada kemampuan manajemen dalam mengelola organisasi, tingginya produktivitas,
kemampuan perusahaan dalam beradaptasi dengan lingkungan serta yang tak kalah
pentingnya dalam kemampuan dalam pengelolaan sumber daya manusia dengan cara
yang paling tepat. Jadi mengapa manejemen di butuhkan, Manajemen dibutuhkan oleh semua orang,kelompok,ataupun
organisasi untuk mengatur ,merencanakan segala hal untuk dapat hasil yang baik
di kemudian.Untuk mencapai tujuan tersebut, manajer perlu menjaga keseimbangan
antara tuntutan yang bertentangan dari para pemangku kepentingan
organisasi. Stakeholders adalah semua orang, yang memiliki saham dalam keberhasilan
organisasi, termasuk karyawan, pemilik, pelanggan, kreditur dan
lain-lain. Pemilik mencari pengembalian yang memuaskan atas investasi
mereka, karyawan yang ingin membayar baik dan kondisi kerja yang nyaman,
manajemen juga harus menyenangkan pelanggan, karena tanpa mereka perusahaan
akan memiliki tujuan kecil, kreditur, pemasok, asosiasi perdagangan juga harus
dipertimbangkan. Jadi, manajemen harus menyeimbangkan kepentingan kelompok
yang berbeda. Manajemen juga dibutuhkan untuk mencapai efisiensi dan
efektifitas. Efisiensi adalah kemampuan untuk mendapatkan hal-hal yang
dilakukan dengan benar. Seorang manajer yang efisien adalah orang yang
mendapat output lebih tinggi relatif terhadap input (tenaga kerja, bahan, uang,
mesin dan waktu). Efektivitas adalah kemampuan untuk memilih tujuan yang
paling cocok dan langkah-langkah yang tepat untuk mencapainya. Artinya,
manajer yang efektif pilih hal yang benar untuk dilakukan dan metode yang tepat
untuk membuat mereka dilakukan. [full_width]
Mengapa semua organisasi membutuhkan manajemen
Reviewed by Unknown
on
06.10
Rating:
Tidak ada komentar: