Link Banner
Link Banner

Mengenal Microsoft Excel 2007

Microsoft Excel (biase disebut dengan Excel saja) merupakan program untuk mengolah data secara otomatis yang meliputi perhitungan dasar, penggunaan pungsi-pungsi, pengolahan data, pembuatan grafik, dan manajemen data.
Selain itu, Excel dapat juga digunakan untuk menyelesaikan berbagai urusan administratif, mulai yang paling sederhana sampai kompleks. Permaslahan sederhana tersebut, misalnya, membuat rencana kebutuhan belanja barang yang meliputi nama barang, jumlah barang, dan perkiraan harga barang, sampai penggunaan formula untuk menemukan solusinya.

Komponen-komponen Excel 2007

Sebelum menggunakannya, sebaiknya kita mengenal terlebih dahulu menu-menu yang menjadi komponen utama Excel 2007


1. Office Button
Menu ini barisan perintah standar untuk menjalankan Excel, Misalnya, membuat dokumen baru (New), membuka dokumen lama (Open), Mentimpan (Save), Mencetak (Print), atau mem-publish dokumen yang sudah selesai dikerjakan (Publish)

2. Quick Acces Toolbar
Merupakan tombol untuk mempercepat akses menuju perintah tertentu. Bisa kita tambahkan maupun kurangi. Biasa saya menambahkan tombol yang sering digunakan supaya tidak terlalu banyak mengakses ribbon.

3. Document Title
Merupakan judul program dan dokumen aktif atau nama file diikuti nama aplikasinya dari lembar kerja yang sedang kita kerjakan. Misal nama file baru kita Book1 diikuti nama aplikasinya Microsoft Excel.

Bekerja dengan Worksheet
Worksheet bisa diibaratkan sebagai lembar-lembar kertas pada sebuah buku. kita bisa menambahkan lembar-lembar tersebut ataupun menguranginya.

Menambahkan Woorksheet
Tidak terlalu rumit untuk menabahkan Woorksheet, cukup klik icon inset Worksheet (tekan SHIFT+F11) seperti yang terlihat pada gambar berikut.

Menghapus Worksheet
Jika tidak diperlukan, Worksheet bisa dihapus. Caranya, klik kanan worksheet yang akan dihapus lalu klik Delete

Mengganti nama Worksheet
Nama worksheet standar dari Excel adalah sheet diikuti dengan angka, tetapi kita juga akan dapat mengubah nama tersebut sesuai dengan keinginan. Caranya :
1. Klik dua kali worksheet
2. Beri nama (misalnya, Kertas 2) pada tab worksheet tersebut, lalu tekan Enter.

Memindahkan Worksheet
Urutan worksheet dapat diubah-ubah. Cara terceapt untuk memindahkan worksheet tersebut adalah dengan klik-tahan tab yang diinginkan, lalu men-drag nya ke tempat yang diinginkan.

Menyalin Worksheet
Jika sebelumnya memindahkan, kita juga bisa memindahkan sambil myalinnya (copy). Hal ini dilakukan bila kita ingin melihat lansung isi worksheet tersebut untuk keperluan ain tanpa harus bolak-balik ke worksheet asal. Caranya sama seperti memindahkan worksheet, tetapi memilih opsi Create a copy.
1. Pilih worksheet yang akan dicopy
2. Ceklis Create a copy
3. Klik OK
Hasilnya terlihat seperti dibawah ini

Bekerja pada Sel
Worksheet merupakan kumpulan garis-garis vertikal dan horizontal yang satu sama lainnya membentuk kotak-kotak, dinamakan sel. Sel yang sedang aktif dapat dilihat pada bagian Name Box. Sel-sel ini mempunyai ukuran setandar yang bisa diubah-ubah sesuai dengan keperluan kita. Selain itu., kita juga dapat memberi warna dan border dimasing-masing sel.
Identitas sel yang aktif dapat dilihat pada kolom Nama sel, yang sekaligus sebagai penanda posisi dari suatu sel. Dengan aturan penulisan, identitas kolomnya (huruf alfabet) terlebih dahulu, kemudian diikuti dengan identitas barisnya (angka). Misalnya, A2, berarti sel berada pada kolom A dan baris ke-2.

Mengatur Ukuran Sel
Selain ukurran yang sudah disediakan oleh Excel, kita juga dapat melakukan pengaturan kembali sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan. Berikut ini akan dijelaskan beberapa cara dalam melakukan pengaturan ukuran sel.

Menggunakan mouse
Cara praktis untuk mengatur ukkuran sel adalah menggunakan mouse, yaitu dengan cara meletakkan mouse pointer pada sisi kanan batas kotak nama sel, jika untuk melebarkan kolom. Sedangkan untuk mengatur tinggi sel dengan meletakkan mouse pointer pada sisi bawah batas kotak nama sel. Kemudian klik, tahan, dan geser sesuai yang diinginkan, setelah mouse pointer berubah menjadi bentuk anak panah, seperti pada gambah berikut.

Menggunakan Ukuran
Caranya sebagai berikut.
1. Seleksi kolom yang akan diubah ukurannya
2. Pilih ribbon Home
3. Klik Format
4. Klik Column Width
5. Ketik ukurannya
6. Klik Ok

Untuk mengubah baris, caranya seperti di atas. Pada ikon format, pilih Row Height.

Menyesuaikan Ukuran Sel dengan isinya.
Ukuran asli sel pada Excel kecil. Jadi, apabila kita memasukkan teks yang panjang tidak akan cukup untuk ukuran sel defaultnya. Misalnya, kita akan mengubah ukuran colom secara otomatis. Caranya sebagai berikut.
1. Seleksi kolom yang akan dirubah
2. Klik Format pada ribbon Home
3. Klik Autofit Colomn Wdth
Hasilnya sebagai berikut.

Mengatur Warna Sel
Pemberian warna pada sel Excel dapat digunakan untuk menunjukkan bahwa data yang berada dalam sel tersebut cukup penting. Selain itu, juga bisa digunakan sebagai pembeda antarkategori tertentu agar proses pembacanya bagi kita menjadi lebih mudah.
1. Pilih sel yang ingin kita warnai
2. Klik Ribbon Home, lalu klik tanda panah Fill Color
3. Pilih warna yang diinginkan

Baca Juga Artikel Lainnya Tentang Microsoft Excel 2007 :

- Mengatur Data Pada Microsoft Excel 2007
- Mengenal Fungsi atau Rumus Pada Microsft Excel 2007



Mengenal Microsoft Excel 2007 Mengenal Microsoft Excel 2007 Reviewed by Unknown on 05.21 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Nature

Link Banner