Pasar konsumen adalah pasar yang terdiri atas para konsumen akhir.
Para konsumen akhir (pemakai) meminta barang-barang atau jasa-jasa yang
diperlukan, yang dapat dibeli atau disewa olehnya. Contohnya barang-barang
berupa makanan, pakaian, dan televisi dapat dibeli, sedangkan untuk rumah dapat
dibeli atau disewa.
Permintaan dalam isitilah
ekonomi disebut demand adalah jumlah barang dan jasa yang berada di
pasar dengan harga tertentu dan pada waktu tertentu yang akan dibeli oleh
konsumen.
Penawaran adalah setiap
produsen yang menghasilkan barang dan jasa tertentu dengan maksud untuk
memperoleh keuntungan dengan cara menjual hasil produk tersebut. Kekuatan
produsen menyediakan barang di pasar untuk dijual merupakan kegiatan penawaran.
Penawaran adalah tersedianya baran gatau jasa di pasar untuk dijual pada saat
tertentu dengan tingkat harga terpentu pula.
Keempat bauran pemasaran tersebut secara singkat dijelaskan
sebagai berikut:
1. Product
(produk) adalah segala sesuatu yang ditawarkan kepada masyarakat untuk
dilihat, dipegang, dibeli atau dikonsumsi. Produk dapat terdiri dari product
variety, quality, design, feature, brand name, packaging, sizes, services,
warranties, and returns.
2. Price
(harga), yaitu sejumlah uang yang konsumen bayar untuk membeli produk atau
mengganti hal milik produk. Harga meliputi last price, discount, allowance,
payment period, credit terms, and retail price.
3. Place
(tempat), yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk membuat produk yang
dihasilkan/dijual terjangkau dan tersedia bagi pasar sasaran. Tempat meliputi
antara lain channels, coverage, assortments, locations, inventory, and
transport.
4. Promotion
(promosi), yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk mengkomunikasikan dan
memperkenalkan produk pada pasar sasaran. Variabel promosi meliputi antara lain
sales promotion, advertising, sales force, public relation, and direct
marketing.
Pasar pemerintah adalah pasar yang terdiri atas unit-unit pemerintah
(pusat dan daerah) yang memerlukan barang atau jasa untuk mencukupi keperluan
dalam rangka melaksanakan fungsi-fungsinya dalam pemerintahan. Di sini
unit-unit pemerintah tersebut merupakan pengguna barang atau jasa yang serupa
dengan konsumen akhir.
Entrepreneurship adalah aktivitas yang secara konsisten dilakukan guna
mengkonversi ide-ide yang bagus menjadi kegiatan usaha yang menguntungkan”.
Pengertian Pasar Konsumen
Reviewed by Unknown
on
07.54
Rating:
Tidak ada komentar: