Link Banner
Link Banner

Pengertian Pasar Konsumen

Pasar konsumen adalah pasar yang terdiri atas para konsumen akhir. Para konsumen akhir (pemakai) meminta barang-barang atau jasa-jasa yang diperlukan, yang dapat dibeli atau disewa olehnya. Contohnya barang-barang berupa makanan, pakaian, dan televisi dapat dibeli, sedangkan untuk rumah dapat dibeli atau disewa.


Permintaan dalam isitilah ekonomi disebut demand adalah jumlah barang dan jasa yang berada di pasar dengan harga tertentu dan pada waktu tertentu yang akan dibeli oleh konsumen.

Penawaran adalah setiap produsen yang menghasilkan barang dan jasa tertentu dengan maksud untuk memperoleh keuntungan dengan cara menjual hasil produk tersebut. Kekuatan produsen menyediakan barang di pasar untuk dijual merupakan kegiatan penawaran. Penawaran adalah tersedianya baran gatau jasa di pasar untuk dijual pada saat tertentu dengan tingkat harga terpentu pula.

Keempat bauran pemasaran tersebut secara singkat dijelaskan sebagai berikut:

1. Product (produk) adalah segala sesuatu yang ditawarkan kepada masyarakat untuk dilihat, dipegang, dibeli atau dikonsumsi. Produk dapat terdiri dari product variety, quality, design, feature, brand name, packaging, sizes, services, warranties, and returns.

2. Price (harga), yaitu sejumlah uang yang konsumen bayar untuk membeli produk atau mengganti hal milik produk. Harga meliputi last price, discount, allowance, payment period, credit terms, and retail price.

3. Place (tempat), yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk membuat produk yang dihasilkan/dijual terjangkau dan tersedia bagi pasar sasaran. Tempat meliputi antara lain channels, coverage, assortments, locations, inventory, and transport.

4. Promotion (promosi), yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk mengkomunikasikan dan memperkenalkan produk pada pasar sasaran. Variabel promosi meliputi antara lain sales promotion, advertising, sales force, public relation, and direct marketing.

Pasar pemerintah adalah pasar yang terdiri atas unit-unit pemerintah (pusat dan daerah) yang memerlukan barang atau jasa untuk mencukupi keperluan dalam rangka melaksanakan fungsi-fungsinya dalam pemerintahan. Di sini unit-unit pemerintah tersebut merupakan pengguna barang atau jasa yang serupa dengan konsumen akhir.


Entrepreneurship adalah aktivitas yang secara konsisten dilakukan guna mengkonversi ide-ide yang bagus menjadi kegiatan usaha yang menguntungkan”. 
Pengertian Pasar Konsumen Pengertian Pasar Konsumen Reviewed by Unknown on 07.54 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Nature

Link Banner