Link Banner
Link Banner

Sejarah dan Perkembangan Komputer

   Proses pengolahan data telah digunakan oleh manusia sejak dulu. Dalam pemrosesan data tersebut, manusia menggunakan peralatan-peralatan baik itu mekanik atau pun elektronik, baik itu penghitungan dan pengolahan data lainnya agar bisa mendapatkan hasil data lebih cepat. Saat ini komputer sangatlahberbeda dengan dulu (tahun 1940 an). Teknologi komputer yang kita gunakan saat ini merupakan hasil dari perubahan-perubahan panjang dari pengguna peralatan mekanik kuno hingga elektronik yang sudah maju.


  kemampuan komputer saat ini tidak hanya sekedar digunakan untuk perhitungan matematik saja, akan tetapi lebih dari itu. Misalnya saja sistem komputer di kassa supermarket, sistem keamanan, audio video conference, multimedia, dan lain sebagainya yang didukung oleh sistem jaringan komputer dan internet yang menghubungkan seluruh komputer di berbagai tempat seluruh dunia.

Penggolongan komputer bisa kita bagi menjadi 5 golongan.
  1. Peralatan manual, yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dan faktor terpenting dalam pemakaian alat tersebut adalah dengan menggunakan tenaga tangan manusia.
  2. Peralatan mekanik, yaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang digerakkan dengan tangan secara manual. 
  3. Peralatan Elektronik, yaitu peralatan yang prinsip kerjanya menggunakan sistem elektronik penuh.
  4. Peralatan Mekanik elektronik, yaitu peralatan mekanik yang digerakkan secara otomatis oelh motor elektronik.
  5. Peralatan Elektronik Mekanik dan Programming, yaitu peralatan mekanik yang digerakkan oleh elektronik berdasarkan software yang dibuat.
Asal Mula Komputer

.Asal mula komputer dibagi dalam beberapa periode sebgai berikut
  1. Abacus , alat ini muncul kira-kira 5000 tahn yang lalu, tepatnya di Asia kecil dan sampai saat ini pun masih digunakan oleh beberapa tempat di daerah sekitarnya. Alat ini bisa dianggap sebagai awal mula mesin yang memiliki kinerja komputasi. Penggunaannya untuk melakukan perhitungan skala kecil (kebutuhan sehari-hari). Para pedagang dimasa itu menggunakan abacus untuk menghitung transaksi perdagangan. Seiring dengan munculnya pensil dan kertas, terutama di Eropa, Abacus kehilangan popularitasnya.
  2. Kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator), setelah hampir 12 abad, muncul penemuan lain dalam hal mesin komputasi. Pada tahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662), yaitu pada waktu itu berumur 18 tahun, menemukan apa yang iya sebut sebagai kalkulator  roda numerik (numerical wheel calculator) untuk membantu ayahnya dalam melakukan perhitungan pajak.
    Kotak persegi kuningn yang dinamakan Pascaline, menggunakan delapa roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. Alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. Kelemahan alat ini adalah hanya terbatas untuk melakukan penjumlahan 
  3. Kalkulator roda numerik 2, tahun 1946, seorang matematikawan dan filsuf jerman , Gottfred Wilhem von leibniz (1646-1716) memperbaiki Pascaline dengan membuat mesinyang dapat menghitung perkalian. Sama seperti penghulunya, alat mekanik ini bekerja dengan menggunakan roda-roda gerigi. Dengan mempelajari catatan dan gambar-gambar yang dibuat oleh Pascal, Leibniz dapat menyempurnakan alatnya.
  4. Kalkulator mekanik,  Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin yang dapat melakukan empat fungsi aritmatika dasar, yaitu penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.


Awal mula sekali komputer didesain oleh profesor matematika Inggris, Charles Babbage (1791-1871). Tahun 1812, Babbage memperhatikan kesesuaian alam antara mesin mekanik dan matematika, yaitu mesin mekanik sangat baik dalam mengerjakan tugas yang sama berulangkali tanpa kesalhan sedang matematika membutuhkan repetisi sederhana dari satu langkah - langkah tertentu. Masalah tersebut kemudian berkembang hingga menempatkan mesin mekanik sebagai alat untuk menjawab kebutuhan mekanik.
  Usaha Babbage yang pertama untuk menjawab masalah ini muncul pada tahun 1822ketika iya mengusulkan suatu mesin untuk melakukan perhitungan persamaan differensial. Mesin tersebut dinamakan mesin Differensial. Dengan menggunakan tenaga uap, mesin tersebut dapat meyimpan program dan dapat melakukan kalkulasi serta mencetak hasilnya secara otomatis. Selanjutnya komputer mulai berkembang ke teknologi tabung.

Komputer Generasi Pertama (1940-1959)

komputer generasi ini menggunakan vakum tabung untuk memproses dan meyimpan data, akibatnya cepat panas dan mudah terbakar. memerlukan banyak tenaga elektrik dan myebabkan gangguan elektrik di daerah sekitarnya. Berikut contoh beberapa komputer generasi pertama.
  • ENIAC (Electronic Numerical Integrator And Calculator), dirancang oleh Dr. John Mauchy dan Presper Eckert pada tahun 1946. komputer generasi ini sudah dapat menyimpan data yang menggunakan media penyimpanan data (stored program concept).
  • EDVAC (Electronic Discrate Variable Automatic Computer), pada masa komputer ini, penggunaan tabung vakum mulai dikurangi. Sistem EDVAC telah ditambahkan dimana proses perhitungan menjadi lebih cepat dibandingkan komputer ENIAC.
  • EDSAC (Electonic Delay Storage Automatic Calculator), komputer ini mulai mengguanakan raksa (markuri) yang ditanamkan ke dalam tabung sebagai media penympanan data. 
  • UNIVAC 1 (Universal Automatic Calculator), UNIVAC 1 diciptakan oleh Dr Mauchly dan Eckert pada tahun 1951. Komputer pertama yang digunakan untuk memproses data dan banyak digunakan untuk bisnis perdagangan.
Komputer Generasi Kedua (1959-1964)

  Penemuana transistor sangat berpengarush pada perkembangan komputer. Transistor yang diciptakan sekitar tahun 1948 menggantikan pungsi tabung vakum dengan dimensi/ukuran yang lebih kecil hingga membuat ukuran mesin-mesin elektronik menjadi jauh lebih kecil dari sebelumnya. Penggunaan transistor pada komputer dimulai pada tahun 1956. Selain lebih kecil dibandingkan pendahulunya, komputer juga lebih dapat diandalkan, serta lebh hemat energi. Komputer pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah Stretch keluaran IBM, kemudian Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. 


   Komputer ini dikembangkan untuk laboratium energi atom dan dapat meyimpan data dalam jumlah yang banyak. Mesin ini terbilang mahal dan tidak ekonomis apalagi digunakan untuk bisnis, sehingga tidak banyak yang menggunakan komputer ini. Bahasa mesin yang digunakan oleh komputer generasi sebelumnya diubah menjadi bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang mengugnakan singkatan-singkatan menggantikan kode biner. Hingga digunanakan bahasa ini pada tahun 1960 an, mulai bermunculan komputer generasi kedua lain yang sukses digunakan oleh pelaku bisnis, unversitas, dan dipemerintahan pada waktu itu. 
  Komputer generasi ini sudah dapat diintegrasikan dengan perangkat lain seperti printer, dan media penyimpanan dalam bentuk disket, memory, sistem operasi, dan program aplikasi.
Selanjutnya, pada tahun 1965 perusahaan IBM membuat komputer dengan mode IBM 1401 yang bisa diterima dikalangan industri. Hampir seluruh bisnis besar menggunakan komputer ini karena sudah dapat di aplkasikan untuk mendapatkan informasi keuangan, akuntansi, dan lain sebagainya. Program yang digunakan tersimpan di dalam komputer dan bahas pemograman yang ada memberikan fleksibiltas sehingga meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan adanya komputer ini mulailah dibuat beberapa bahasa pemograman diantaranya Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN).
  Bahasa Pemrograman menggantikan mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia, dengan demikian akan mempermudah user dalam menggunakan komputernya. Berkembangnya komputer ini membuka membuka lapangan kerja baru di antaranya adalah programmer, analyst, dan ahli sistem komputer. Software hause (industri software) juga mulai berkembang.

Komputer Generasi Ketiga (1964 - awal 80an)

  Transistor yang menggantikan fungsi kerja dari tabung ternyata menghasilkan panas yang besar, dan dapat merusak bagian-bagian komputer yang lain, hingga akhirnya muncul batu kuarsa (quartz rock) yang dapat mengatasi permaslahan yang ada pada transistor. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958.


  Cara kerja perangkat IC adalah mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silicon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa tadi. Perkembangan selanjutnya adalah mulai banyak transistor yang dimasukan suatu chip tunggal (semikonduktor). Dengan demikian bentuk fisik dari komputer menjadi semakin kecil. Selain itu, muncul juga sistem operasi (operating system) yang memungkin komputer untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak (multitasking).

Komputer Generasi Keempat (awal 80an)

  Dengan adanya komponen IC, maka perkembangan komputer pun semakin pesat, karena para ahli mulai mengembangkan komponen ini secara besar-besaran dengan tujuan mengecilkan ukuran fisik komponen dan menambahkan lagi banyak transistor di dalamnya. Munculnya sistem Large Scale Integration (LSI) sangat membantu, karena dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah IC.
  Dan akhirnya sekitar tahun 1980-an, perkembangan IC menjadi Very Large Scale Integration (VLSI) dan dapat memuat ribuan komponen dalam sebuah chip. Dilanjutkan dengan Ultra-Large Scale Integration (ULSI) hingga meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Munculnya Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pesat pada teknologi IC dengan meletakkan seluruh komponen dari seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil.

  Sekitar tahun 1981, Perusahaan IBM mulai memperkenalkan penggunaan Personal komputer (PC) yang dapat digunakan dirumah, kantor, sekolah, serta beberapa perusahaan. Dengan adanya inovasi ini maka jumlah pengunjung meningkat dari 1 juta unit di tahun 1981 menjadi 6,5 juta unit di tahun 1983. Inovasi-inovasi selanjutnya adalah membuat PC ini bisa dibawa-bawa hingga terciptanya (palmtop)sekitar  tahun 1990an.
  Perkembangan selanjutnya adalah berkembangnya sebuah perusahaan persaing IBM yaitu Apple Macintosh dan pada saat itu perusahaan Apple lebih terkenal dikarenakan menggunakan sistem grafis (GUI=grafik user interface) pada komputernya serta dengan tambahan perangkat bernama mouse untuk mempermudah user dalam menggunakan komputer, sementara IBM masih menggunakan komputer berbasis teks.
   Akhir dari generasi komputer ini adalah dengan diciptakannya CPU: IBM PC/486, Pentium II, Pentium III, Pentium IV ISerial dari CPU buatan Intel). Juga dikenal AMD k6, athion, Cyrix, IDT, dan lain sebagainya.

Komputer Generasi Kelima (masa kini)

 Di tahun-tahun berikutnya, perkembangan komputer berlanjut dengan menambahkan fasilitas-fasilitas yang membuat komputer semakin cepat dan kecil, dia antaranya adalah teknologi Hyper Threading yang bisa memicu kecepatan processor dua kali lebih cepat dibandingkan teknologi sebelumnya. Juga diciptakan prosessor yang memiliki beberapa inti prosessor, mulai dari dual core, core 2 duo, core 2 qued, juga xeon, dimana kesemua inti tersebut ada yang sudah mendukung arsitektur 32 nanometer (kecil sekali...) sehingga bentuk IC pun sudah semakin kecil sekali dan tidak bisa dilihat dengan mata secara lansung karena telah memiliki ukuran dengan satuan nano meter yang merupakan ukuran transistor terkecil di dunia untuk PC.




Sejarah dan Perkembangan Komputer Sejarah dan Perkembangan Komputer Reviewed by Unknown on 00.30 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Nature

Link Banner